Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita PangandaranPantai Madasari Pangandaran Jadi Tempat Favorit Berkemah

Pantai Madasari Pangandaran Jadi Tempat Favorit Berkemah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan tenda tampak berdiri di sepanjang pesisir Pantai Madasari, di Dusun Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Minggu (05/06/2016). Sejak Pantai Madasari gencar dipromosikan, kini banyak dikunjungi wisatawan. Karena tidak terdapat hotel dan penginapan di lokasi wisata tersebut, akhirnya banyak wisatawan yang mendirikan tenda atau sengaja menggelar acara berkemah.   

Menurut Parma, seorang pedagang di Pantai Madasari Pangandaran, setiap liburan tiba, di pantai ini selalu didatangi wisatawan yang sengaja menggelar acara berkemah. Wisatawan yang berkunjung pun tak hanya dari daerah Pangandaran, tetapi banyaknya juga yang datang dari berbagai kota besar.

“Pelawak ternama H. Miing pun pernah berkemah di sini bersama rombongan dari Jakarta. Mereka datang menggunakan mobil Jeep offroad melalui jalur Batukaras- Madasari,” katanya.

Palma menambahkan, karena belum banyak terdapat hotel dan penginapan, membuat wisatawan terpaksa menggelar tenda di pesisir pantai. Namun, kebiasan itu malah menjadikan pantai Madasari sebagai tempat favorit berkemah.

“Seiring berkembangnya pantai Madasari, Pemkab harus segera menambah fasilitas PJU di sepanjang jalan pantai. Karena wisatawan kerap mengeluh minimnya penerangan,” katanya.

PJU yang sudah terpasang, menurutnya, sering kali padam. Pasalnya, kata dia, kabel jalur PLN di daerah itu kerap tertimpa ranting pohon besar. “Karena kawasan pantai ini di kelilingi bukit dan terdapat banyak pohon besar. Akibatnya, sering kali kabel PLN tertimpa ranting pohon apabila terjadi hujan yang disertai angin kencang,” ujarnya.

Suasana berkemah di Pantai Madasari di saat malam hari. Foto: Asep Kartiwa/HR
Suasana berkemah di Pantai Madasari di saat malam hari. Foto: Asep Kartiwa/HR

Dadan wisatawan, asal Tasikmalaya, mengaku menikmati berkemah di pantai Madasari. Selain alamnya masih asri, kata dia, juga pemandangan alamnya sangat indah. “Namun, masalahnya kalau malam di daerah sini gelap, karena minimnya penerangan,” pungkasnya. (Askar/R2/HR-Online)

- Advertisment -