Ratusan Perahu Diterjang Ombak, Pantai Batukaras Pangandaran Ditutup 3 Hari

Perahu nelayan tampak mengalami rusak akibat diterjang gelombang ombak air laut yang pecah di Jalan Raya Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (08/06/2016) pagi. Foto: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-Ratusan perahu nelayan mengalami rusak akibat diterjang gelombang ombak air laut yang pecah di Jalan Raya Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (08/06/2016) pagi. Perahu nelayan bertabrakan satu sama lain akibat terhempas gelombang pasang.

Selama beberapa hari ini, gelombang laut naik akibat terjadi pancaroba. Hari ini akses jalan wisatawan yang berada di tepi pantai ditutup, karena perahu yang biasanya parkir di pantai terpaksa berpindah ke jalan.

Ketua Kompepar Batukaras, Dede Hadi, mengatakan, pihaknya mengambil inisiatif untuk menutup jalur wisata pantai akibat gelombang yang tinggi selama beberapa hari. Kemungkinan jalan akan ditutup selama 3 hari kedepan.

“Sebagai jalan alternatif dari arah Cijulang atau Green Canyon, menuju ke Legokpari Pantai Batukaras, bisa lewat jalan lain, yakni belok kanan 150 meter sebelum Pantai diteruskan ke jalur tanjakan Heras, kemudian ke Legokpari. Dan jalur pantai menuju ke Sinjangkalang bisa belok kiri sekitar 200 meter sebelum pantai,”katanya.

Menurut informasi yang diperoleh, kata Dede, gelombang pasang akan berlangsung hingga 2 hari kedepan. Gelombang pasang pun mengakibatkan kerugian bagi nelayan. “Kekhawatiran juga dirasakan beberapa pemilik warung yang berada di pinggir jalan menghadap pantai. Warung-warung itu terlihat terkena gelombang pasang,” pungkasnya. (Askar/R2/HR-Online)