Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita PangandaranAkibat Cuaca tak Menentu, Penghasilan Nelayan Pangandaran Menurun

Akibat Cuaca tak Menentu, Penghasilan Nelayan Pangandaran Menurun

Nelayan Pangandaran mengaku sudah satu bulan pasrah menghadapi cuaca buruk. Photo : Entang Saeful Rachman/ HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat cuaca tak menentu, selama satu bulan lebih para nelayan Pangandaran hanya bisa pasrah saja dengan situasi serta kondisi saat ini. Hal tersebut disampaikan Sobirin, salah seorang nelayan asal Prapat Desa Pangandaran, saat dikonfirmasi HR Online, Kamis (30/06/2016).

Sobirin mengatakan, saat ini cuaca di laut kondisinya tidak bersahabat. Menurut dia, cuaca terkadang bagus terkadang juga jelek. Biasanya para nelayan yang pergi ke tengah laut mampu menempuh jarak 50 sampai 60 kilometer dan kedalaman 100 meter.

“Kedalaman laut 100 meter merupakan jalur kapal. Di jalur itu jenis ikannya pun berbeda, yakni ikan monster. Selain itu di jalur kapal tersebut arus air laut sangat kuat,” tegasnya.

Lebih jauh disampaikan oleh Sobirin bahwa ombak di tengah laut mencapai ketinggian sampai 9 meter. Namun yang dikawatirkan jika gelombang besar ditambah angin kencang hal tersebut bisa membuat gelombang atau ombak pecah di tengah laut dan itu sangat berbahaya bagi nelayan.

Sementara itu, jika menangkap ikan di tengah laut biasanya jika sedang dalam kondisi cuaca bagus, para nelayan mampu mendapatkan ikan sampai kwintalan dengan berbagai jenis ikan. (Ntang/R4/HR-Online)