Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita BanjarHari Kedua Lebaran, Tempat Pemakaman di Banjar Sepi Peziarah

Hari Kedua Lebaran, Tempat Pemakaman di Banjar Sepi Peziarah

Suasana Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bojongkantong pada hari pertama Lebaran  Idul Fitri 2016. Photo : Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dihari kedua lebaran Idul Fitri 2016, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bojongkantong yang terletak di Lingkungan Bojongsari, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, terlihat sepi daripada hari pertama lebaran, Kamis (7/7/2016).

Salimin (47) warga Langensari mengatakan, dirinya rutin mendatangi makam orangtuanya yang sudah tiada beberapa tahun lalu, terutama menjelang ramadhan dan setiap perayaan Idul Fitri. Karena hari pertama cukup padat, dia menyempatkan hari kedua yang sepi.

“Kalau lebaran kan kita sekeluarga berkumpul semua. Nah selain kita sudah bermaaf-maafan dirumah, lalu kita ajak untuk mengunjungi makam orangtua kami yang sudah tiada. Tidak lain hanya mendoakan mereka kepada Alloh SWT. Kemarin hari pertama kan padat, lebih baik hari kedua lebaran yang sepi supaya lebih khusyuk do’anya” jelas Salimin kepada HR Online.

Berbeda dengan Salimin, salahsatu pedagang es yang tidak mau disebutkan namanya yang sedang mangkal di komplek pemakaman mengatakan, dirinya rela berdagang dilokasi pemakaman sejak pagi usai sholat ied dan hari kedua lebaran. Hal tersebut ia lakoni untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

“Alhamdulillah berkah lebaran saya masih diberikan kekuatan untuk mengais rejeki disini. Biarpun orang lain sibuk ‘plesir’ ke tempat wisata atau berkumpul dengan keluarga, saya tetap menikmati pekerjaan ini untuk memenuhi kebutuhan ekonomi,” ujarnya kepada HR Online.

Menurutnya, warga yang ziarah paling ramai sejak pagi hingga waktu dzuhur tiba. Setelah itu, keadaan kembali sepi. “Kalau sudah sepi ya pindah tempat lagi, ke pasar atau kemana. Yang penting dagangan saya habis. Tapi hari kedua semakin sepi tidak seperti hari pertama, paling sebentar lagi saya pindah tempat,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -