Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BanjarJelang Lebaran, Pemkot Banjar Pastikan Raskin ke 13 Tidak Ada

Jelang Lebaran, Pemkot Banjar Pastikan Raskin ke 13 Tidak Ada

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kota Banjar memastikan menjelang lebaran tahun 2016 ini tidak ada jatah beras untuk warga miskin (Raskin) ke-13 seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, hingga memasuki Minggu terakhir puasa belum menerima pemberitahuan dari pemerintah pusat.

Kabag Ekonomi Setda Kota Banjar, Nurjanah, SE, kepada HR Online, Kamis (30/06/2016), mengatakan, sebenarnya Pemerintah Kota Banjar sudah menyiapkan anggaran raskin. Hanya saja, pemerinth tidak bisa begitu saja meminta Bulog menyalurkannya.

“Tidak adanya penyaluran Raskin ke-13 saat hadapi lebaran tahun ini, sebab pemerintah dan Bulog telah melakukan percepatan penyaluran pada bulan sebelumnya. Dimulai jatah Bulan Juni dikirim lebih awal yaitu pada Mei, serta dua minggu lalu pada bulan Juni sudah dikirim jatah Juli,” jelas Nurjanah.

Sementara itu Kepala Gudang Bulog Banjar, Sutrisno, membenarkan, pihaknya tidak menyalurkan Raskin ke-13 ke warga penerima di Kota Banjar dan Pangandaran. Menurut dia, hal itu berlaku nasional, alasannya belum ada perintah dari pusat.

“Kayanya sih memang tidak ada. Sebab, pengalaman sebelumnya suka ada pemberitahuan atau kebijakan penyaluran raskin ke-13 untuk disalurkan saat puasa dan mendekati lebaran,”

Meski dalam dua bulan kemarin sudah dilakukan percepatan penyaluran, kata Sutrisno, pihaknya berharap penyaluran raskin bisa dilakukan setelah lebaran, misalnya jatah Bulan Agustus bisa dipercepat kembali yaitu bisa dikirim pada Bulan Juli.

“Sehingga di Bulan Juli, Bulog tidak terjadi kekosongan penyaluran. Namun itu pun tergantung kesiapan Pemdanya, mengirim permohonon percepatan Raskin lagi,” pungkasnya. (Nanks/R4/HR-Online)