Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita PangandaranSaat MPLS, SMAN 1 Pangandaran Libatkan Orang Tua Siswa

Saat MPLS, SMAN 1 Pangandaran Libatkan Orang Tua Siswa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Berbagai cara dilakukan oleh pihak sekolah saat menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS) bagi siswa baru yang masuk ke tingkat SMA. Salah satunya di SMA Negri I Pangandaran. Kegiatan MPLS kali ini lain daripada yang lain. Pasalnya, bukan hanya para siswa saja yang mengikuti MPLS, tapi semua orangtua siswa pun ikut serta.

Kepala SMA Negeri 1 Pangandaran, Drs. Surman, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/07/2016), mengatakan, pihaknya sengaja mengundang orangtua siswa pada kegiatan MPLS untuk mengenalkan lingkungan sekolah.

“Selain mengenalkan sekolah, orangtua juga diberikan pemahaman tentang program pendidikan gratis yang sudah dicanangkan Pemerintah Daerah Pangandaran,” katanya.

Menurut Surman, para orangtua siswa harus benar-benar memahami kebijakan yang digulirkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dan DPR tentang sekolah gratis. Pendidikan sekolah gratis tersebut diterapkan mulai dari tingkat SD sampai SLTA, baik negeri ataupun swasta.

“Ada peningkatan yang cukup signifikan. Dengan kebijakan tersebut, warga Pangandaran paling tidak bisa menyelesaikan pendidikannya sampai tingkat SLTA. Dan diharapkan bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, Surman menjelaskan, dengan hadirnya orangtua siswa baru di sekolah diharapkan para orangtua memberikan dukungan serta pengawasan saat anak sedang di luar sekolah. jika hal tersebut terjadi, maka para siswa dijamin dalam pendidikannya akan menjadi seorang siswa yang tepelajar. Mengingat, proses belajar bukan hanya di sekolah saja, tapi di luar sekolah pun belajar itu penting.

“Inilah peran aktif orang tua saat anak berada di rumah,” tegas Surman.

Pada Tahun ajaran 2016-2017, kata Surman, siswa baru yang masuk ke SMA Negeri 1 Pangandaran mencapai 450 orang yang kemudian dibagi ke dalam 13 rombongan belajar (rombel). (Ntang/Koran-HR)