Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranTingkatkan Profesionalisme, Disdikbudpora Pangandaran Gelar Kegiatan PIPG

Tingkatkan Profesionalisme, Disdikbudpora Pangandaran Gelar Kegiatan PIPG

Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan Program Induksi Guru Pemula (PIGP). PIGP merupakan amanat Permendiknas No. 27 Tahun 2010. Photo : Madlani/ HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan Program Induksi Guru Pemula (PIGP). PIGP merupakan amanat Permendiknas No. 27 Tahun 2010.

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran, Sobar Sugema, ketika ditemui HR Online, Sabtu (23/07/2016), berharap,  guru pemula dari tingkatan SD sampai SMA menjadi guru profesional.   

Sobar menjelaskan, kegiatan PIGP sangat penting dilaksanakan. Materinya meliputi orientasi pelatihan di tempat kerja, pengembangan dan praktek pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran, bimbingan dan konseling.

“PIGP berbasis pada orientasi pelatihan dan praktek pemecahan berbagai permasalahan di lingkup kerja guru pemula,” kata Sobar.

Di Pangandaran, kata Sobar, kegiatan PIGP diikuti 90 peserta, terdiri dari 24 guru SD, 22 guru SMP, 23 guru SMA dan 21 guru SMK. Dia juga berharap peserta bisa beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya di sekolah.

Tingkatkan Profesionalisme, Disdikbudpora Pangandaran Gelar Kegiatan PIPG (1)

“Kompetensi yang dinilai dalam PIGP adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalisme,” pungkasnya. (Mad/R4/HR-Online)