Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariIni Penyebab Banjir di Banjarsari Ciamis

Ini Penyebab Banjir di Banjarsari Ciamis

Kusnadi sedang menunjukkan bendungan yang ditutup oleh para petani, yang diduga menjadi penyebab banjir di wilayah Dusun Kubangpari, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Photo : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya bendungan yang ditutup oleh para petani, diduga menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi di wilayah Dusun Kubangpari, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Hal itu dikatakan Kusnadi, warga Dusun Kubangpari. Kepada HR Online, dia menyangkan para petani di wilayah Kubangpari kurang memahami cara pemanfaatan saluran air tersebut.

“Saya sangat menyayangkan, kenapa saluran pembuangan ini meski harus dibendung atau ditutup,” katanya Kamis (24/11/2016).

Lanjut Kusnadi, sebenarnya jika para petani tidak membendung saluran tersebut, air dipastikan akan lancar dan tidak akan terjadi banjir.

“Semestinya, walaupun mereka (petani) membutuhkan air untuk pesawahan mereka, namun saat hujan seperti malam tadi mereka tanggung jawab untuk membuka dulu bendungannya,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

- Advertisment -