Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarADD Tahap III, Pemdes Sinartanjung Banjar Siap Realisasikan Sejumlah Program

ADD Tahap III, Pemdes Sinartanjung Banjar Siap Realisasikan Sejumlah Program

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, saat ini sedang mempersiapkan pengajuan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ke III tahun anggaran 2016.

Pada pencairan tahap III ini, ADD rencananya akan dialokasikan untuk peningkatan kapasitas pemerintah desa, peningkatan informasi desa melalui program pembuatan website, serta penyusunan profil desa.

Sedangkan Dana Desa (DD) akan digunakan untuk merealisasikan sejumlah program yang meliputi beberapa poin, diantaranya untuk program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), program peningkatan sarana peribadatan dam rehab balai dusun.

Sekretaris Desa Sinartanjung, Dede Saidin, mengatakan, untuk program KRPL, pihaknya melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bantuan tanaman holtikultura dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah desa melibatkan 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sinartanjung secara gotong-royong. Hal ini sebagai dasar motivasi bagi masyarakat Desa Sinartanjung untuk peduli akan lingkungan di sekitar rumah masing-masing.

“Pekarangan rumah sayang kalau tidak dimanfaatkan. Agar pekarangan rumahnya berguna, maka masyarakat akan bercocok tanam, sehingga ada perubahan lingkungan dan akan tampak segar menghijau dengan adanya pemanfaatan lahan yang ditanami tanaman semacam cabai, tomat, kacang panjang dan lainnya,” terang Dede, kepada Koran HR, Selasa (29/11/2016) pekan lalu.

Sementara, untuk program pembangunan RTLH di Desa Sinartanjung ada sebanyak 13 unit rumah yang telah ditetapkan berdasarkan prioritas dalam Musrenbangdes tahun 2016. Selain itu, Dana Desa juga digunakan untuk hibah barang kepada tiga kelompok tani berupa 3 unit mesin perontok padi. Tujuannya sebagai motivasi bagi kelompok tani untuk meningkatkan hasil produktifitasnya.

“Begitu juga pemberian bantuan mesin cangkul darat, yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas hasil kebun pajale, yakni padi, jagung, kedelai. Sebagai mana program pemerintah pusat yang kini sedang giat-giatnya mensuport para petani agar menjadi petani handal dan dapat meningkatkan hasil produksinya,” jelas Dede.

Sedangkan, pada program peningkatan sarana peribadatan, Pemerintah Desa Sinartanjung melaksanakan rehab Mesjid Al Mu’minin DKM 8 di RW.9, Dusun Sinargalih, dan rehab Madrasah Baitul Ilmi di RT.19, RW.4, Dusun Pananjung. Serta ada pula rehab balai dusun di RT.19, RW.4. (AM/Koran HR)