Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruAktif Berhubungan Intim, Pria Tua Rawan Terserang Jantung

Aktif Berhubungan Intim, Pria Tua Rawan Terserang Jantung

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sebuah penelitian teranyar yang dilakukan Michigan State University (MSU), Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pria tua yang aktif dalam hal berhubungan seksual berisiko tinggi terkena serangan jantung. Risiko lainnya adalah terkena serangan masalah kardiovaskular (stroke, darah tinggi) dibanding dengan wanita dalam usia yang sama.

“Kami menemukan fakta bahwa pria tua yang aktif dalam hal hubungan seksual, misalnya seminggu sekali atau lebih, mereka berisiko terkena kardiovaskular dua kali lebih besar dibandingkan dengan mereka (pria tua) yang tidak aktif,” kata Hui Liu, profesor sosiologi MSU, seperti dikutip Huff Post Canada, Selasa (06/12/2016).

Hui Liu mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi hal itu. Menurut dia, pria tua sulit mencapai orgasme lantaran masalah medis kesehatan serta faktor usia. Agar mencapai orgasme, pria tua harus mengerahkan tenaga yang lebih besar. Mereka akhirnya harus memaksakan diri untuk memperolehnya.

Dengan begitu, para pria tua harus lebih banyak mengeluarkan tenaga untuk mencapai orgasme. Upaya pelepasan tenaga seperti ini menimbulkan kelelahan dan stres, dan ujung-ujungnya menimbulkan kardiovaskular. Di lain sisi, intensitas melakukan hubungan seks memang tetap mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Tapi berbeda dengan pria tua, wanita tua yang aktif berhubungan seks bisa terhindar dari masalah hipertensi. Liu menambahkan, hormon seksual yang dilepaskan pada saat orgasme memberikan efek positif bagi mereka. (Deni/R4/HR-Online)