Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranAngklung Toel Pangandaran Ramaikan Pameran Wisata Tingkat Jabar

Angklung Toel Pangandaran Ramaikan Pameran Wisata Tingkat Jabar

Penampilan Angklung Toel serta pameran produk khas Pangandaran dalam pagelaran pameran usaha pariwisata dan pagelaran seni budaya yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi dan Kompepar Jawa Barat. Photo: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Angklung Toel Desa Wisata Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, turut meramaikan pameran usaha pariwisata dan pagelaran seni budaya yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi dan Kompepar Jawa Barat di Taman Hutan Raya Dago, Bandung, Minggu (11/12/2016) kemarin.

Ketua BPD Desa Margacinta, Cucu Gumilar, menjelaskan, dalam pameran yang diikuti oleh seluruh perwakilan kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat. Khusus untuk Kabupaten Pangandaran, Dinas Pariwisata Jabar meminta kesenian Angklung Toel menjadi penyambut Gubernur Jabar, Ahmad Herryawan, saat pembukaan.

“Angklung merupakan ciri khas daerah Jawa Barat dan Angklung Toel adalah kesenian ciri khas Pangandaran dari Desa Margacinta yang dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar. Karena unik, maka dari itu pihak pemprov meminta kita tampil,” kata Cucu kepada HR Online, Senin (12/12/2016).

Selain menampilkan Angklung Toel, kata Cucu, Kabupaten Pangandaran juga memamerkan sejumlah produk UMKM dan kerajinan dari Desa Margacinta seperti kolotok, dudukuy, kerajinan dari tempurung kelapa dan lainnya. Khusus untuk produk Dudukuy bambu mendapat apresiasi dari Aher berupa tanda tangan dari dirinya.

“Setelah kita mengikuti pameran di Bandung, pelajaran berharga bagi pelaku wisata dan pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas. Tentunya hal tersebut bisa berjalan baik ketika pemerintah, para pelaku wisata dan elemen lain berjalan seiring,” tutupnya. (Askar/R6/HR-Online)