Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaArtikelAwas! Penyakit Jantung Intai Perokok Usia Muda

Awas! Penyakit Jantung Intai Perokok Usia Muda

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan mengenai bahaya rokok bagi, mulai dari peningkatkan resiko kanker, gangguan kesuburan, kanker, stroke, dan peningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilansir boldsky.com, bahwa merokok di usia muda bisa meningkatkan resiko untuk terkena penyakit jantung hingga 8 kali.

Sebuah infark miokard STEMI atau ST-segmen elevasi yang mengukur pola khas yang terlihat pada elektrokardiogram menunjukkan, otot jantung para perokok sangat tidak sehat.

Dalam penelitian tersebut ditunjukkan bahwa seseorang yang mulai merokok di usia 10-11 tahun lebih muda memiliki dua kali resiko peningkatkan terkena penyakit arteri koroner dibanding dengan mereka yang bukan perokok.

Peneliti dari Northern General Hospital di Inggris, Ever D Grech, menerangkan, bahwa mereka juga cenderung gampang untuk terkena penyakit pembuluh darah perifer, yakni suatu kondisi di mana terjadi penumpukan lemak di pembuluh darah, yang selanjutnya akan membatasi aliran darah ke kaki.

“Karena gangguan kesehatan itulah semua perokok harus mulai melakukan terapi guna menghentikan kebiasaan merokoknya. Begitu juga para perokok yang masih berusia muda,” tandas Ever D Grech. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -