Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranBPBD Pangandaran Kini Punya Peralatan Canggih di Pusdalops

BPBD Pangandaran Kini Punya Peralatan Canggih di Pusdalops

Kepala BPBD dan teknisi dari BNPB saat menyetting peralatan canggih di Pusdalops. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, pihaknya sudah memiliki peralatan Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) yang berada satu kantor dengan BPBD Pangandaran.

Menurutnya, dari 14 kabupaten/kota yang diberikan hanya Kabupaten Pangandaran. Selain itu, peralatan canggih tersebut merupakan bantuan yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Untuk alat yang lebih canggih akan diberikan juga oleh BNPB yang berasal dari Jerman. Namun masih membutuhkan waktu 10 Minggu lagi berikut proses setting alatnya,” kata Nana kepada HR Online, Sabtu (17/12/2016).

Soal kisaran harga peralatan tersebut, kata Nana, sekitar Rp. 1,3 miliar. Maka dari itu BPBD Pangandaran satu langkah lebih maju untuk penanganan serta pencegahan bahaya bencana dibandingkan dengan daerah lain.

“Nanti kami juga akan mendapatkan bantuan berupa mobil yang bisa melaporkan langsung dari lokasi bencana seperti telekonferensi dengan pihak-pihak terkait. Mudah-mudahan berkat bantuan ini wilayah Pangandaran bisa lebih diminimalisir dari bahaya bencana,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)