Curug Panganten di Ciamis Berpotensi Jadi Wisata Unggulan

Obyek wisata Curug Panganten yang berada di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjarayar, Kabupaten Ciamis. Photo : Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis ternyata menyimpan banyak destinasi wisata alam yang layak dikunjungi. Namun, karena kurangnya promosi dari pemerintah, sehingga banyak yang belum mengetahui.  

Seperti obyek wisata Curug Panganten yang berada di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjarayar, Kabupaten Ciamis. Disebut curug panganten karena ada dua curug dalam satu sungai.

Bahkan Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Solihin, ketika ditemui HR Online, Kamis, (14/12/2016), mengakui dirinya sangat kagum ketika datang langsung ke lokasi curug.

“Kami sangat kagum dengan keberadaan curug tersebut, karena masih banyak potensi wisata yang cukup menjanjikan apabila terus dilakukan penggalian dan pengelolaan,” ungkapnya.

Solihin menambahkan, dengan adanya Curug Panganten ini, pihaknya meminta kepada Pemerintah Desa Cikupa untuk bisa menjaga potensi tempat wisata alam. Sehingga kedepan bisa terus dikembangkan dan menjadi tempat wisata unggulan.

Saat ini, kata dia, pihaknya terus melakukan pendataan potensi wisata alam yang berada di Kabupaten Ciamis.

Selain itu, kedepan pihaknya akan terus melakukan promosi tempat wisata khususnya yang ada Kabupaten Ciamis. Salah satunya dengan memberikan nama tempat wisata dan petunjuk arah ke lokasi wisata.

“Karena itu sangat penting, sehingga keberadaan tempat wisata alam bisa dapat dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara,” jelasnya.

Menurut Solihin, dengan minimnya sarana promosi jelas pengembangan tempat wisata, maka tidak akan berkembang. Karena, keberadaannya saja tidak diketahui, meski potensi untuk dijadikan tempat wisata sangat terbuka. (Es/R5/HR-Online)