Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDongrak Perekonomian Masyarakat, Pemdes Sukamukti Ciamis Dorong Pembangunan Infrastuktur Jalan

Dongrak Perekonomian Masyarakat, Pemdes Sukamukti Ciamis Dorong Pembangunan Infrastuktur Jalan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur jalan.

Kepala Desa Sukamukti, Agus Ilham, ketika ditemui Koran HR, Selasa (29/11/2016) lalu, menyebutkan, tahun 2016 ini pihaknya sudah berhasil merampungkan program pembangunan yang didanani dari dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Untuk dana desa, kata Agus, Pemerintah Desa Sukamukti fokus dengan kegiatan pengaspalan jalan desa. Menurut dia, jalan adalah salah satu penunjang utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dana Desa tahap pertama yang kami terima yakni sebesar Rp.387.697.200. dana itu dialokasikan untuk tiga titik pengaspalan jalan utama serta pembangunan rabat beton jalan dusun, serta penanaman modal Bumdes,” katanya.

Selanjutnya, kata Agus, dana desa tahap kedua sebesar Rp. 258.469.800 dialokasikan untuk pengaspalan dua titik ruas jalan utama desa serta penambahan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Untuk pembangunan ruas jalan utama tahun ini, alhamdulillah sudah hampir semua tersentuh. Dan untuk pengelolaan DD tahun 2017 nanti, insyaallah jalan-jalan lingkungan juga akan dibangun. Ini tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika semua jalan sudah full tersentuh perbaikan, nantinya kita akan lebih berfokus untuk pengembangan modal usaha, agar masyarakat di desa ini lebih maju dan sejahtera,” katanya. (Suherman/Koran HR)