Luar Biasa! Minuman Hangat Berkhasiat Secara Psikologis

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Di saat suhu udara sedang turun, teh dan kopi menjadi minuman pilihan untuk menghangatkan tubuh. Apalagi jika minuman ini disajikan hangat atau panas, meminumnya akan membantu merelaksasi pikiran dan perasaan.

Beberapa waktu lalu, Direktur Science Gallery King College London, Inggris, Dr. Daniel Glaser, melakukan sebuah penelitian tentang khasiat minuman hangat. Selai mengusir rasa dingin dalam tubuh, minuman hangat juga berkhasiat bagi psikologis seseorang.  

Menurut Daniel, terdapat unsur psikologis saat seseorang memutuskan untuk memilih mengonsumsi minuman hangat dibandingkan minuman dingin. Minuman hangat ternyata membuat sesorang menjadi lebih nyaman psikisnya, tenang dan enak. Orang yang memegang secangkir minuman hangat juga cenderung akan lebih ramah ketika bertemu seseorang.

Dalam eksperimen tersebut, Daniel, meminta pendapat dari responden ketika bertemu orang lain yang sedang memegang secangkir minuman hangat. Mayoritas responden merasakan kemurahan hati orang-orang itu.

“Dari sisi linguistik serta teknik metafora berbahasa, kata hangat acapkali diasosiasikan dengan hal-hal yang bersifat menenangkan hati. Sebaliknya, mereka yang memegang minuman dingin mungkin dianggap kurang ramah dan egois. Sepertihalnya kata ‘hangat’, kata ‘dingin’ juga juga menggambarkan kepribadian seseorang,” kata Daniel.(Deni/R4/HR-Online)