Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita BanjarPembangunan Selesai Desember, Pasar Muktisari Langensari Banjar Buka Setiap Hari

Pembangunan Selesai Desember, Pasar Muktisari Langensari Banjar Buka Setiap Hari

Kondisi bangunan Pasar Muktisari yang akan selesai dalam satu bulan kedepan. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pasar semi modern di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, akan segera selesai pembangunannya pada akhir Desember 2016 mendatang. Para pedagang yang saat ini masih berjualan di tempat penampungan sementara, tampaknya sangat antusias dan sudah tidak sabar untuk menempatinya. Terlebih melihat tampilan arsitektur pasar yang mengagumkan.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Koran HR di lapangan, para pedagang, terutama pemilik kios, kini tengah menanti informasi terkait penempatannya. Hal itu dikarenakan lokasi peruntukan tempat los hanya berupa hamparan luas di tengah bangunan pasar. Tidak seperti bangunan los di Pasar Bojongkantong.

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPTD Pasar Banjar, Mamat Rahmat, mengatakan, pihaknya saat ini sudah mulai mempersiapkan untuk penempatan dan pemetaan para pedagang. Bahkan, akhir-akhir ini dirinya rutin melakukan peninjauan ke lokasi proyek Pasar Muktisari bersama Disperindagkop dan DCKTLH, didampingi pihak kontraktor.

“Meski pembangunan pasar itu baru akan selesai satu bulan lagi, atau tepatnya sekitar tiga minggu lagi, namun kami sudah inten turun ke lapangan guna mempersiapan penempatan dan pemetaan pedagang,” terang Mamat, ketika ditemui Koran HR, Selasa (29/11/2016) lalu.

Terkait penempatan dan peruntukan los yang hanya hamparan luas, Mamat mengakui bahwa memang seperti itu adanya, sesuai perencanaan bangunannya. Dalam hal ini tidak seperti los di Pasar Bojongkantong.

Persoalan tersebut sedang disikapi dan dibahas bersama pihak OPD teknis dan pihak kontraktor. Karena sebagai pengelola pasar, pihaknya tak berharap lokasi tempat los yang ada dipasangi kayu atau bambu.

“Kayanya tak elok, pasar sebagus itu di dalamnya dipasang kayu atau bambu oleh pedagang atau pemilik los. Sekali lagi kita sedang koordinasikan, agar nantinya baik pedagang dan pengunjung bisa lebih nyaman berada di pasar baru itu,” tandas Mamat.

Dengan akan selesainya pembangunan pasar tersebut, pihaknya menghimbau kepada warga, khususnya pedagang, supaya sama-sama berupaya berinovatif mengembangkan dan menumbuhkan Pasar Muktisari agar menjadi hidup dan ramai.

Karena, Pasar Muktisari ditumbuhkembangkan bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga masyarakat, terutama pedagangnya. Pihak UPTD Pasar sendiri sedang membuat konsep bagaimana daya ungkit perekonomian, khususnya warga Pasar Muktisari bisa meningkat.

“Jadi tak menutup kemungkinan salah satunya Pasar Muktisari menjadi pasar harian, sehingga nantinya bisa menjadi sentra pertumbuhan ekonomi di Kota Banjar,” kata Mamat.

Di tempat terpisah, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dalam suatu kesempatan saat kegiatan di Kecamatan Langensari, berpesan kepada warga setempat supaya dapat memanfaatkan sebaik-baiknya keberadaan pasar tersebut.

“Kita patut bersyukur, pembangunan infrastruktur perekonomian terus dijalankan Pemkot Banjar. Kita semua mesti bangga mempunyai pasar semi modern di wilayah Langensari ini,” ucapnya.

Ade Uu juga minta do’anya, di tahun 2017 pembangunan mega proyek ada di wilayah Kecamatan Langensari, yaitu rumah sakit, dapat berjalan sebagaimana direncanakan. Dirinya berharap, pembangunan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan dapat meningkatkan taraf kehidupan warga Kota Banjar. (Nanks/Koran HR)

- Advertisment -