Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPemkab Ciamis & BBWS Belum Tanggapi Soal Abrasi Sungai Ciputrahaji

Pemkab Ciamis & BBWS Belum Tanggapi Soal Abrasi Sungai Ciputrahaji

Kondisi Sungai Ciputrahaji, di wilayah Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini semakin melebar, bahkan mulai menggerus tanah milik warga. Photo: Entang SR/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengaku telah melaporkan kepada pihak BBWS, terkait semakin meluasnya abrasi Sungai Ciputrahaji yang berada di wilayahnya.

Kepala Desa Sindangrasa, Juen, mengatakan, saat ini kondisi Sungai Ciputrahaji dari hari ke hari semakin melebar, dan di sepanjang perbatasan Cigayam sampai Banjarsari kurang lebih 4 kilometer, kondisi bibir sungai tersebut terus mengalami abrasi. [Baca berita terkait; Rumah Warga di Banjaranyar Ciamis Terancam Abrasi Sungai Ciputrahaji].

“Yang terancam itu bukan hanya rumah dan perkebunan milik warga, namun sebuah jembatan penghubung dua desa pun terancam ambruk akibat tergerus oleh air sungai,” katanya, kepada HR Online, Kamis (22/12/2016).

Juen pun mengaku bahwa pemerintah desa sudah berulang kali berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis maupun BBWS, tapi sampai saat ini belum juga ada tanggapannya.

Untuk itu, Juen berharap agar warga masyarakat bersabar, karena pihak desa pun akan intensif lagi melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait supaya abrasi segera ditangani. (Ntang/R3/HR-Online)