Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruPeta Kuliner Nusantara Bisa Diakses Lewat Situs Ini

Peta Kuliner Nusantara Bisa Diakses Lewat Situs Ini

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kuliner, (harapanrakyat.com),-

Presiden Bandung Fe Institute sekaligus Founder  sobatbudaya.or.id, Hokky Situngkir, belum lama ini merilis peta kuliner nusantara. Peta kuliner nusantara tersebut bisa diakses di perpustakaan digital budaya Indonesia dengan alamat situs, www.budaya-indonesia.org.

Peta kuliner nusantara tersebut dirilis berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan Bandung Fe Institute, Research Center for Complexity di Surya University.

Menurut Hokky, makanan atau kuliner Indonesia memiliki kehebatan. Selain terdapat beraneka ragam bahan, makanan Indonesia juga memiliki filosofi dan cerita di balik pembuatannya.

Hokky menuturkan, melalui proses pengumpulan data, pihaknya berhasil mengumpulkan sedikitnya 1.458 resep hidangan masakan dan minuman dari seluruh pelosok nusantara.

Merujuk disiplin ilmu antropolgi, kata Hokky, mayoritas makanan atau kuliner Indonesia memerlukan sedikitnya 10 macam bumbu. Bumbu umum yang selalu ada dan dipakai dalam setiap resep masakan mencapai 10 persen. Sedangkan lima persen lainnya merupakan bumbu yang unik.

Pada kesempatan itu, Hokky menuturkan, butuh waktu selama tiga tahun untuk mencicipi macam-macam kuliner yang ada di Indonesia. Misalya saja untuk hidangan sate, pihaknya memerlukan waktu sekitar dua bulan untuk mencicipi semua jenis sate yang ada di Indonesia. Kemudian, perlu waktu sekitar tujuh bulan untuk mencicipi berbagai jenis minuman yang ada di Indonesia.  

Menurut Hokky, informasi kuliner Indonesia tersebut tidak hanya berguna bagi pecinta makanan saja, tapi informasi itu akan menjadi data, dan dari data akan menjadi inovasi. (Deni/R4/HR-Online)