Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisSMP Negeri 1 & 2 Ciamis Sarat Sejarah dan Prestasi

SMP Negeri 1 & 2 Ciamis Sarat Sejarah dan Prestasi

SMP Negeri 1 & 2 Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ciamis merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah yang memiliki akar sejarah yang sangat panjang. Disamping daftar prestasinya yang panjang, sekolah yang terletak di jantung Kota Ciamis, di Jalan Jendral Soedirman No. 6 Ciamis ini sempat dijadikan lokasi sekolah Kautamaan istri yang didirikan oleh Dewi Sartika.

Jauh hari sebelum Dewi Sartika menggerakkan minat kaum hawa untuk mengenyam pendidikan, terutama pendidikan menjahit, memasak dan yang lainnya, Rd. Aria Kusuma Diningrat sudah menginisiasi keberadaan lembaga pendidikan di lokasi tersebut.

SMP Negeri 1 Ciamis resmi berdiri pada tahun 1946 atau setahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan. Para guru kerap menyampaikan tentang sejarah SMP Negeri 1 Ciamis untuk memecut semangat belajar para peserta didiknya. Alhasil, semangat belajar peserta didik selalu berkobar hingga menjadikan SMP Negeri 1 Ciamis sebagai sekolah terfavorit sekaligus menjadi barometer pendidikan menengah di Kabupaten Ciamis.

Selain SMP Negeri 1 Ciamis, SMP Negeri 2 Ciamis juga kerap mengharumkan nama Kabupaten Ciamis dalam berbagai even. SMP Negeri 2 Ciamis sukses melakukan hattrick atas upayanya membangun sekolah dengan model sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional mulai dari tahun 2007 sampai tahun 2009.

Untuk memperkya khazanah dan perkembangan peserta didik, SMP Negeri 2 Ciamis menjalin kemitraan dengan sekolah lain, baik di dalam ataupun di luar negeri. Sekolah yang sudah menjalin mitra dengan SMP Negeri 2 Ciamis adalah SMK Putrajaya Presint 14 (1) Malaysia, Sehit Ogretmenier Likogretin Okulu Turkey, Glenunga International high School (GIHS) Australia dan Jubilee School Jakarta. (Deni/R4/HR-Online)

Sumber : Buku “Ciamis Kiwari”

- Advertisment -