Soto Iyun, Kuliner Khas Ciamis Langganan Para Gegeden

Ilustrasi Soto

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Cita rasa yang tersaji ketika menyantap soto bening khas Ciamis ini diyakini akan membuat siapapun ketagihan. Komposisi bumbu yang diracik melalui proses tradisional membuat soto khas Ciamis bernama Soto Iyun ini menebar aroma khas dan sulit ditemui di kedai soto manapun.

Kedai Soto yang terletak di Jalan W.R Supratman Kabupaten Ciamis ini lokasinya tidak jauh dari kawasan taman alun-alun Ciamis. Kedai soto ini juga telah menjadi tempat kuliner tujuan warga Ciamis, termasuk gegeden alias pejabat Ciamis.

Sepintas, soto khas Ciamis ini memang tidak ada yang berbeda bila dibandingkan dengan soto Bandung atau soto khas masyarakat Jawa Barat lainnya. Namun perbedaan akan terasa saat mencium aroma dan mencicipinya. Nyam, rasanya akan jauh lebih nikmat, apalagi bila ditemani sepiring nasi hangat.

Proses produksi soto Iyun hampir semua diracik dengan pola-pola tradisional. Daging sapi kualitas jempolan yang dipilih tak tersentuh presto alias hanya direbus di sebuah tungku dengan perapian kayu bakar. Untuk memanaskan soto juga masih menggunakan bahan bakar arang.

Meski begitu, daging yang dicicipi tetap lembut dan sedap dilidah. Irisan bawang Sumenep yang ditabur juga racik sendiri, sehingga lebih memberi aroma khas pada soto buhun yang sudah bertahan hampir empat dasawarsa tersebut.

Dilansir dari Buku “Ciamis Kiwari”, Ny. Dede Daniar, peracik soto Iyun yang meneruskan kejayaan usaha orangtuanya, Iyun dan Ny. Aisyah, selalu memilih bahan baku terbaik dan spesial.

Karena keberadaan soto Iyun sudah lama, sejumlah langganan asal Ciamis yang berada di luar kota seringkali menjadikan kuliner soto Iyun ini sebagai momentum untuk bernostalgia.

Soal harga, soto Iyun tidak terlalu menguras kocek. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 17 ribu, semangkuk soto Iyun sudah bisa dinikmati. (Deni/R4/HR-Online)