Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita PangandaranTerowongan Wilhelmina Potensial Jadi Objek Wisata di Pangandaran

Terowongan Wilhelmina Potensial Jadi Objek Wisata di Pangandaran

Sejumlah siswa SMPN 5 Banjar saat wisata edukasi di terowongan Wilhelmina Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran yang menjadi salah satu kawasan wisata di Jawa Barat memang memiliki sejumlah tempat yang potensial dijadikan lokasi wisata. Bahkan, lokasi yang yang sebelumnya jarang terjamah maupun wisata yang sengaja dibuat dan dibuka untuk menarik pengunjung juga saat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satu wisata di Pangandaran yang diburu warga adalah Jembatan Cinta di Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang.  Sebuah jembatan yang mencapai ratusan meter membentang menyusuri hutan mangrove.

Selain itu, lokasi bangunan sejarah peninggalan Belanda di Pangandaran juga menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Terowongan Wilhelmina serta jembatan Kereta Api Cikacepit yang dibangun pada masa penjajahan saat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan setiap saat week end.

“Padahal lokasi peninggalan zaman belanda tersebut sebelumnya jarang dikunjungi. Sekarang justru ramai, meski hanya untuk berfoto-foto saja,” kata Yayan, warga Kalipucang, kepada Koran HR, Rabu (20/12/2016) lalu.

Di tempat terpisah, Ahmad Suganda, salah satu orang yang hobi berpetualang dengan komunitas trail dan jeep, mengatakan, keberadaan Kabupaten Pangandaran sangat melimpah potensi wisatanya untuk menambah PAD Pangandaran.

“Kita sering berpetualang di jalur Emplak dan menyusuri dua terowongan yang terkenal panjang di Pangandaran, yakni terowongan Wilhelmina dan terowongan Sumber. Saya harap pemerintah bisa menangkap peluang ini untuk dipublikasikan agar pengunjung semakin banyak,” katanya. (Ntang/R6/Koran HR)