Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisTransformasi Kuliner Buhun “Galendo” Khas Ciamis

Transformasi Kuliner Buhun “Galendo” Khas Ciamis

Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Galendo merupakan makanan khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Makanan tradisional  khas Ciamis ini biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau makanan penutup. Galendo sendiri dihasilkan dari kerak santan pembuat minyak kelapa yang kini justru lebih populer dibandingkan hasil utamanya, minyak keletik.

Sejarahnya, Kabupaten Ciamis merupakan produsen kelapa terbesar di wilayah Jawa Barat.

Pada masa kekuasaan Bupati Galuh, Raden Adipati Aria Kusumahdiningrat atau Kanjeng Prebu (1839-1886), pemanfaatan terbesar buah kelapa saat itu adalah produksi minyak kelapa.

Bahkan, kala itu Ciamis memiliki pabrik minyak kelapa yang cukup besar bernama Gwan Hien, lokasinya berada di Jalan Jendral Ahmad Yani. Waktu itu ampas dari hasil produksi minyak kelapa sangat banyak, akhirnya ampas itu dijadikan panganan ringan yang sekarang dibernama galendo.

Semula, galendo merupakan hasil sampingan atau tambahan bagi pengrajin pembuat minyak keletik. Tapi saat ini kondisinya justru terbalik. Pengrajin lebih menggantungkan penghasilan dari menjual galendo, karena nilai ekonomisnya jauh lebih tinggi daripada minyak keletik.

Galendo yang dijual, dikemas dengan kemasan yang menarik dan harga variatif. Beberapa pengrajin bahkan memilih untuk tetap mempertahankan kemasan asli galendo dengan anyaman bambu.

Seiring perkembangan jaman, galendo kini tidak hanya disajikan dengan rasa original atau asli, tapi sudah ditambah dengan aneka rasa lain untuk memberi lebih banyak pilihan pada konsumen, seperti galendo rasa coklat, rasa strawberi, rasa susu, rasa nanas dan rasa lainnya. (Deni/R4/HR-Online)