Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisYKD Upayakan Perubahan Nama Ciamis Menjadi Galuh

YKD Upayakan Perubahan Nama Ciamis Menjadi Galuh

Pengurus YKD dan perwakilan keluarga keturunan Kerajaan dan Keadipatian Galuh saat bertemu dengan awak media usai menggelar tawasul di Makam R.A.A Kusumah Diningrat, Sabtu (17/12/2016). Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Yayasan Koesoemah Diningrat (YKD), R. Hanif Radinal, ketika ditemui HR Online, Sabtu (17/12/2016), menuturkan, pihaknya bersama dengan keluarga besar keturunan Kerajaan dan Keadipatian Galuh akan mengupayakan perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

“Kami keluarga keturunan kerajaan dan keadipatian galuh sudah melakukan pertemuan, semua menyepakati agar nama Kabupaten Ciamis dikembalikan lagi menjadi Kabupaten Galuh,” katanya.

Hanif mengaku akan terus berupaya melakukan komunikasi dengan keluarga keturunan kerajaan dan keadipatian, termasuk dengan pemerintahan daerah, baik eksekutif ataupun legislatif, untuk mematangkan kembali soal wacana tersebut.

Senada dengan itu, Bendahara YKD, R. Nugraha Kusumah Diningrat, menambahkan, keinginan untuk mengembalikan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh bukan tanpa alasan tapi didasari oleh banyak pertimbangan.

“Pertimbangannya mulai dari sisi historis (sejarah), filosofis (falsafah), akademis (kajian ilmiah) bahkan tidak menutup kemungkinan juga dari sisi ekonomis (ekonomi/ kesejahteraan),” katanya. (Deni/R4/HR-Online)