Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarAkibat Kiriman Air Bah dari Gunung Babakan Banjar, 5 Rumah Terendam Banjir

Akibat Kiriman Air Bah dari Gunung Babakan Banjar, 5 Rumah Terendam Banjir

Lima rumah milik warga di Lingkungan Parungsari RT 15/RW 06 Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, terendam banjir, Minggu (22/01/2017) sore. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, dan sekitarnya, membuat lima rumah milik warga di Lingkungan Parungsari RT 15/RW 06 Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Minggu (22/01/2017) sore, terendam banjir hingga selutut orang dewasa. Air bah yang berasal dari Gunung Babakan ini sempat membuat panik pemilik rumah yang terkena banjir.

Seperti yang diucapkan Noneng (50). Menurutnya, banjir ini terjadi akibat air kiriman dari gunung babakan yang menggelontor ke hilir. Selain itu, lanjut dia, kondisi tersebut pun diperparah oleh saluran selokan yang tersumbat sampah.

“Setiap hujan deras di sini pasti banjir. Air yang datang dari gunung babakan semuanya masuk ke selokan ini. Karena selokannya kecil ditambah tersumbat sampah, mengakibatkan air tidak tertampung dan meluber ke rumah warga,” ujarnya kepada HR Online Minggu (22/1/2017).

Hal yang sama juga dikatakan warga lainnya, Dede. Menurutnya, dulu selokan yang berada di belakang rumahnya dibagi dua jalur, sehingga meski hujan deras pun tidak pernah banjir. “Namun kini selokan di belakang hanya satu jalur, sehingga air dari gunung turun semua ke sini,”katanya.

Ia berharap pemerintah kota segera mencari solusinya untuk menanggulangi banjir yang hampir terjadi setiap turun hujan.

“Semoga pemerintah kota dapat mencari solusinya untuk menanggulangi masalah banjir ini. Saya berharap walikota dapat meninjau langsung ke lokasi agar bisa melihat kondisi sebenarnya dan segera perintahkan jajarannya untuk menanggulangi banjir,” pungkasnya. (Hermanto/R2/HR-Online)