Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita PangandaranBanjir Rendam Rumah Warga Blok Santolo Pangandaran

Banjir Rendam Rumah Warga Blok Santolo Pangandaran

Banjir yang merendam wilayah Blok Santolo, Desa/Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Awal tahun 2017 menjadi kisah menyedihkan bagi sebagian warga Blok Santolo, Desa/Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Sebab, puluhan rumah terendam banjir.

Siti Hotimah, warga Blok Santolo, mengatakan, penyebab banjir terjadi karena luapan air Sungai Citanduy yang semakin membesar. Sementara sungai-sungai kecil yang bermuara ke Citanduy arus airnya justru berbalik arah.

“Makanya air naik hingga masuk ke wilayah pemukiman warga,” kata Siti Hotimah kepada Koran HR, Rabu (04/01/2017).

Uus, waga Kalipucang lainnya, juga mengatakan senada kepada Koran HR. Menurutnya, banjir yang terjadi kali ini disebabkan oleh faktor cuaca buruk yang terjadi di berbagai daerah, bukan hanya terjadi di hulu Sungai Citanduy saja.

“Apalagi hujan sekarang terus terjadi di sejumlah daerah. Banjir yang melanda di daerah sini mencapai 60 centimeter dan tidak ada satu warga pun yang mengungsi. Kami harap kejadian ini yang terus terjadi sejak dulu bisa dipecahkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (Ntang/R6/Koran HR)