Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarBPBD Banjar Akui Faktor Bencana Banjir Akibat Kurangnya Tanaman Penyerap Air

BPBD Banjar Akui Faktor Bencana Banjir Akibat Kurangnya Tanaman Penyerap Air

Kondisi banjir yang menerjang puluhan hektar sawah akibat kiriman air dari Gunung Sangkur. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com)

Menanggapi permasalahan bencana yang terjadi secara serentak pada Minggu (22/01/2017) lalu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Yayan Herdiaman, mencatat ada 9 titik bencana yang ditangani BPBD, sesuai dengan laporan yang diterimanya, baik dari warga maupun dari pemerintah desa.

“Makanya kita menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, sampah menjadi salah satu sumber masalah saat terjadi bencana banjir yang membuat saluran air tersumbat,” ujarnya.

Sedangkan, mengenai penyebab bencana banjir disertai lumpur yang terjadi di Panatasan atau dikenal dengan nama Blok Curug Taneuh, kata Yayan, hal itu akibat derasnya air yang berada di irigasi, sehingga meluap sampai ke rumah warga. Faktor lainnya adalah tidak adanya pohon yang bisa menyerap air di areal pegunungan.

“Anggota kami bersama relawan dari PMI terus melakukan penanganan bencana yang terjadi di Banjar. Soal penyebab bencana di wilayah ini, jarangnya pohon penyerap air juga menjadi salah satu faktor bencana,” kata Yayan. (Muhafid/Koran HR)   

Berita Terkait

Warga Banjar Ini Akui Pemkot Tak Serius Tangani Bencana

Hutan Produksi Gundul, Warga Curug Taneuh Banjar Kembali Diterjang Longsor