Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaArtikelCareerCast Rilis 10 Pekerjaan Paling Rawan Stres di Tahun 2017

CareerCast Rilis 10 Pekerjaan Paling Rawan Stres di Tahun 2017

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

CareerCast setiap tahunnya merilis daftar pekerjaan yang memiliki tingkat stres paling tinggi. Untuk kali ini, mereka juga mengungkap berbagai jenis pekerjaan paling rentan stres dan depresi di tahun 2017.

Dikutip dari Her.ie, daftar tersebut disusun dengan mempertimbangkan 11 faktor stres yang mempengaruhi pekerjaan. Faktor-faktor itu berkisar dari jumlah karyawan diperlukan untuk menjalankan fungsi kerja, tingkat mobilitas, tingkat kompetisi, risiko kematian, hingga seberapa ketat tenggat waktu yang dihadapi. Semakin banyak faktor stres yang dimiliki, berarti semakin tinggi pula risiko depresi yang dihadapi pelakunya.

Stres dalam pekerjaan datang dari berbagai sumber yang berbeda, diantaranya lingkungan kerja yang berisiko, tenggat waktu yang sulit dipenuhi, tuntutan fisik yang berat, serta bahaya yang ditemui.

Selain itu, intimidasi psikis karena harus bekerja di mata publik merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan. Sebab, pekerjaan seperti ini berpotensi mendapat sorotan di media sosial.

Menurut CareerCast, deretan pekerjaan yang paling berpotensi menimbulkan stres meliputi prajurit militer, pemadam kebakaran, pilot maskapai penerbangan, polisi, koordinator acara, reporter surat kabar, eksekutif perusahaan, eksekutif humas, pengemudi taksi, dan penyiar berita.

Dari daftar tersebut, ada dua pekerjaan yang berhubungan dengan jurnalistik. Karir di bidang ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Dua pekerjaan itu meliputi pencarian dan pelaporan berita yang meliputi tuntutan tenggat waktu sangat ketat dan terus-menerus, permintaan editor yang sulit dipenuhi, serta tekanan publik.

“Profesi pencari berita juga menghadapi tantangan baru. Berita yang turun bakal menghadapi skeptisisme tinggi. Artinya, waktu ekstra bagi para reporter dalam memeriksa kebenaran fakta ketika tenggat sudah mepet. Bahkan, sejumlah media membayar penulis berdasarkan jumlah klik yang didapatkan artikel penulis,” terangnya.

Apakah kamu ingin menekuni salah satu dari sepuluh karir yang disebutkan di atas? Kalau iya, maka sebaiknya siapkan mental dari sekarang. (Eva/R3/HR-Online)