Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisDPRD: Anggaran Pembangunan pada APBD Ciamis 2017 Meningkat

DPRD: Anggaran Pembangunan pada APBD Ciamis 2017 Meningkat

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis tahun 2017. Sebelumnya, DPRD membahas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2017.

Wakil Ketua DPRD Ciamis, Yana D Putra, ketika ditemui Koran HR, Rabu (28/12/2016) lalu, mengatakan,  APBD Kabupaten Ciamis Tahun 2017 menunjukan tren positif yang mengindikasikan pengelolaan keuangan daerah, khususnya fiskal daerah, berjalan baik.

Apalagi, kata Yana, tahun 2016 Kabupaten Ciamis mendapatkan Anugrah Dana Raca dari Presiden karena sudah beberapa kali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indoneisa (BPK-RI).

“Manajemen dan sistem pengelolaan keuangan daerah terus membaik. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya volume belanja langsung ketimbang belanja pegawai. Artinya, anggaran untuk pembangunan terus meningkat. Juga dengan diraihnya opini WTP dari BPK-RI,” katanya.

Yana menuturkan, secara garis besar Rancangan APBD Ciamis tahun 2017 memuat program kegiatan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten Ciamis, yakni di bidang pendidikan, kesehatan dan Infrastruktur daerah, serta program kegiatan yang juga berorientasi kepada penguatan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Selain itu, APBD tahun 2017 juga mengalokasikan anggaran perlindungan sosial yang diarahkan pada upaya pengurangan beban-beban biaya masyarakat kurang mampu, diantaranya melalui program percepatan penanggulangan kemiskinan daerah.

Lebih lanjut, Yana  mengungkapkan, APBD Kabupaten Ciamis meliputi pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah dalam tahun anggaran 2017.  Pihaknya bersama seluruh anggota DPRD  telah berkomitmen untuk dapat sesegara mungkin merespon dengan mempercepat apa yang menjadi agenda bersama dengan pihak eksekutif.

“DPRD juga mengapresiasi peraihan Adipura plus Kalpataru, yang menunjukan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan yang lebih baik. Oleh Karena itu, DPRD berharap pemerintah memberi penghargaan yang tinggi bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan lingkungan,” katanya. (Es/Koran HR)