Gempa 3,0 SR Guncang Pangandaran

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Gempa berkekuatan 3,0 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (17/01/2017), sekitar jam 14:35:15 WIB. Namun, guncangan gempa tidak menimbulkan kepanikan warga.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Alam (DKPB) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, kepada HR Online.

“Hari ini ada guncangan gempa. Pusat gempa berada di lokasi 8.09 LS, 108.62 BT, yakni 45 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran-Jabar, dengan kedalaman 65 kilometer. Getaran tersebut akibat terjadinya gesekan dua lempengan yang ada di dasar laut,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa daerah pantai Selatan, termasuk Pangandaran, dilalui oleh dua lempengan, yaitu lempengan Indo Australia dan Yourosia. Akibat gesekan dua lempengan tersebut maka terjadilah guncangan.

“Hasil gempa itu tercatat di dalam sebuah alat yang sudah kami siapkan. Namun sekali lagi saya katakan bahwa gempa yang terjadi barusan itu tidak membuat panik warga Pangandaran, dan sampai saat ini Pangandaran aman,” tandas Nana. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA