Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita BanjarHutan Produksi Gundul, Warga Curug Taneuh Banjar Kembali Diterjang Longsor

Hutan Produksi Gundul, Warga Curug Taneuh Banjar Kembali Diterjang Longsor

Salah satu rumah warga yang terdampak banjir lumpur beberapa waktu lalu. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kota Banjar, membuat sejumlah titik mengalami musibah banjir dan longsor. Salah satu daerah yang menjadi langganan bencana adalah di Lingkungan Panatasan, RT. 03, RW. 20, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Saat hujan turun, sebanyak 20 rumah warga di daerah tersebut selalu dibayangi bencana longsor dahsyat seperti yang terjadi pada tahun 1970 silam. Bahkan, pada Minggu (09/10/2016) lalu, dan Minggu (22/01/2017) kemarin, wilayah itu diterjang banjir lumpur yang meluluhlantahkan isi rumah sebagian warga.

Bukan hanya rumah, fasilitas umum seperti sekolah dan jalan yang berada di daerah tersebut juga menjadi sasaran ganasnya air yang disertai material tanah. “Memang tiap hujan, apalagi kalau besar, selalu dibayangi bencana banjir dan longsor,” kata Wasdi, salah seorang warga sekitar, kepada Koran HR, Minggu (22/01/2017) lalu.

Menurutnya, sudah beberapa tahun terakhir ini lingkungannya kerap dilanda bencana alam. Padahal, di tahun-tahun sebelumnya masih dalam kategori wajar. Ia menilai, kondisi wilayah pemukiman warga persis berada di lereng Gunung Sangkur.

Karena kondisi gunung yang saat ini hampir jarang ditanami pohon penyerap air, sehingga air yang turun langsung menerjang ke daerah yang berada di lereng gunung. Warga pun hanya bisa pasrah dengan keadaan seperti itu. Sebab, kata Wasdi, meski warga mengeluh kepada pemerintah pun sampai saat ini belum juga ditanggapi serius. (Muhafid/Koran HR)