Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita CiamisKerjasama Disperindag Ciamis & BPN, 300 Pelaku UKM Difasilitasi Sertifikasi Tanah Gratis

Kerjasama Disperindag Ciamis & BPN, 300 Pelaku UKM Difasilitasi Sertifikasi Tanah Gratis

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) tahun ini bakal menerbitkan sekitar 300 sertifikat tanah gratis bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Yayat Hidayat, ketika ditemui Koran HR, Selasa (10/01/2017) lalu, mengatakan, sertifikat tanah gratis bagi pelaku UKM tersebut merupakan upaya pemerintah mempermudah pelaku UKM dalam meningkatkan usaha.

Yayat menuturkan, pihaknya tahun ini mendapat kuota penerbitan sertifikat tanah gratis dari BPN sebanyak 300 lembar. Diakui Yayat, dari 15 ribu pelaku UKM, sebagian besar aset tanah yang mereka miliki tidak liquid karena belum bersertifikat.    

“Sehingga mereka sulit mengakses sumber pendanaan dari perbankan. Soalnya, lembaga keuangan (perbankan) membutuhkan agunan saat menyalurkan kredit,” katanya.

Menurut Yayat, sertifikat tanah yang dimiliki pelaku UKM dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan modal. Makanya, Disperindag mengupayakan pelaku UKM memiliki sertifikat lahan yang dimilikinya.

“Karena memang masih banyak anggota pelaku UKM yang belum punya. Dan disini kita memfasilitasi,” katanya.

Tahun lalu, Yayat menjelaskan, pihaknya mendapat jatah kuota dari BPN sebanyak 100 sertifikat. Dan tahun ini pihaknya mendapat tambahan kuota sebanyak 300 sertifikat. Disperindag dalam hal ini memfasilitasi pelaku UKM secara kolektif untuk mengajukan proses mendapatkan sertifikat gratis dari BPN. (Heri/Koran HR)