Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisKodim Ciamis Gelar Lomba Essay, Tiga Siswa SMA jadi Pemenang

Kodim Ciamis Gelar Lomba Essay, Tiga Siswa SMA jadi Pemenang

 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tiga orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berhasil menjuarai lomba penulisan karya ilmiah (essay) tingkat SLTA yang digelar Komando Distrik Militer (KODIM) 0613 Ciamis. Ketiga siswa tersebut berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan puluhan peserta perwakilan SMA se wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penilai dari Universitas Galuh (Unigal), Maman Herman, ketika ditemui HR Online, usai pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba penulisan karya ilmiah, Selasa (17/01/2017), di Makodim Ciamis.

Maman menjelaskan, lomba penulisan karya ilmiah tersebut diselenggarakan Kodim 0613 Ciamis pada Bulan November 2016. Lomba tersebut digelar dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

“Lomba ini diikuti sekitar 50 peserta dari kalangan pelajar SMA se wilayah Kodim 0613, meliputi Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Tema penulisan yang diperlombakan adalah tentang nilai kepahlawanan,” kata Maman.

Pada kesempatan itu, Maman menyebutkan, Ahmad Fauzi Ridwan dari SMA Negeri 3 Ciamis meraih juara 1 dengan perolehan nilai 430. Ahmad Ridwan Fauzi membuat karya ilmiah dengan judul “Penebaran Jiwa Bangga Berbangsa dan Bernegara Melalui Semangat Kepahlawanan sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa.

Kemudian M. Rizqi Hartoyo dari SMA Plus Darussalam berada di posisi kedua dengan nilai 410. Karya ilmiah yang dibuat Rizqi berjudul “Pahlawan Moral Sebagai Tindak Lanjut Pahlawan Bangsa”.

Sedangkan Rika Amalia dari SMK Hikmah Banjar berada di posisi ketiga dengan perolehan nilai 400. Karya Ilmiah yang dibuat Rika berjudul “Aktualisasi Kejuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman”.

Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, Tim penilai pada kegiatan lomba penulisan karya ilmiah siswa tersebut melibatkan dua akademisi Universitas Galuh, diantaranya Maman Herman dan Ida Farida. (Deni/R4/HR-Online)