Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranManfaatkan Lahan Tidur, Warga Pangandaran Ini Tanam Singkong Gajah

Manfaatkan Lahan Tidur, Warga Pangandaran Ini Tanam Singkong Gajah

Jaka Purnama saat berada di areal pegunungan yang ditanami singkong jenis gajah. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya lahan tidur di areal pegunungan yang berada di Pangandaran, bahkan mencapai ratusan hektar, membuat sebagian warga memanfaatkannya untuk menanam singkong.

Jaka Purnama, warga Desa Pager Gunung, Kecamatan Pangandaran, mengatakan, lahan tidur yang berada di Desa Pager Gunung banyak yang ditanami singkong. Hal tersebut guna mendatangkan manfaat bagi warga sekitar.

“Rata-rata yang singkong jenis gajah yang ditanam. Dan jenis ini tergolong baru di wilayah Pangandaran,” katanya kepada HR Online, Kamis (05/01/2017).

Pada proses penanamannya, kata Jaka, tanah yang akan ditanami singkong gajah terlebih dahulu diberi pupuk guna menyuburkan tanaman. Sementara untuk mendapatkan hasilnya, Jaka mengungkapkan 9 hingga 11 bulan singkong gajah sudah bisa dipanen.

“Biasanya satu pohon menghasilkan 16 kilogram, itu murni jika tidak terserang hama babi hutan. Sedangkan harganya, mulai kisaran Rp. 700 hingga Rp. 800. Sedangkan warga biasanya memanen hingga 150 ton. Jika di total untuk wilayah Pangandaran, kira-kira mencapai 400 ton,” jelasnya. (Ntang/R6/HR-Online)