Meski Ramai, Penyedia Sewa Kuda di Bendungan Manganti Ciamis “Kesepian”

Saiman saat bersama anaknya menunggu pengunjung menggunakan kudanya di sekitar Bendungan Manganti. Photo: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi warga sekitar untuk sekedar menghilangkan penat maupun mengabadikan momen bersama keluarga, Bendungan Manganti yang terletak berbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat juga menjadi magnet tersendiri bagi warga yang mencari peruntungan di lokasi tersebut.

Saiman, warga Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, mengatakan, dirinya sengaja mencoba mengais rezeki di Bendungan Manganti dengan membawa seekor kuda untuk disewakan kepada para pengujung.

“Hanya jalan-jalan saja di sekitar lokasi bendungan menggunakan kuda. Untuk tarifnya hanya Rp. 20 ribu. Sedangkan yang ingin berfoto dengan kuda saya, hanya membayar Rp. 10 ribu saja,” katanya kepada HR Online, Minggu (01/01/2016).

Meski pada hari pertama tahun 2017 pengunjung membludak, Saiman mengaku pengunjung yang menggunakan kudanya masih sedikit. Sehingga pendapatannya pun tidak sesuai dengan yang diharapkan.

“Padahal, saya sudah jauh-jauh datang kesini. Tapi tidak apa-apa, mungkin lain waktu bisa mendapatkan lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan di rumah,” kata Saiman saat bersama anaknya menunggu pengunjung menggunakan kudanya.

Selain dirinya yang membawa kuda ke Bendungan Manganti, warga lain dari wilayah sekitar baik dari Cilacap maupun Ciamis juga banyak yang mencari peruntungan lewat sewa kuda.

“Namanya juga usaha, ya dilakoni saja walaupun sepi. Penyedia sewa kuda lainnya juga mengalami hal yang sama seperti saya. Saya hanya berdo’a saja mudah-mudahan mendapatkan rezeki lebih banyak lagi,” tutupnya.

Dari pantuan HR Online, selain penyedia jasa sewa kuda, sejumlah pedagang mulai dari pedagang baju, makanan, mainan anak hingga wahana permainan anak juga meramaikan lokasi Bendungan Manganti. (Muhafid/R6/HR-Online)