Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarPasar Semi Modern Muktisari, DCKTLH Banjar Inovasi Pembangunan 2016

Pasar Semi Modern Muktisari, DCKTLH Banjar Inovasi Pembangunan 2016

Pasar semi modern di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, yang dibangun Pemerintah Kota Banjar, melalui Bidang Cipta Karya DCKTLH Kota Banjar, merupakan bentuk dukungan penataan infrastruktur perekonomian di Kecamatan Langensari. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Selain ruang terbuka hijau (RTH), Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, melalui Bidang Cipta Karya, juga membangun gedung perkantoran, trotoarisasi dan drainase pemukiman sebagaimana skala prioritasnya. Bahkan, di tahun 2016 telah melakukan inovasi pembangunan pasar semi modern di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari.

Kepala DCKTLH Kota Banjar, Yoyo Suharyono, melalui Kabid. Cipta Karya, David Abdillah, mengatakan, Bidang Cipta Karya terus melakukan penyempurnaan dan pengembangan infrastruktur perkotaan sesuai garapannya yang menjadi skala prioritas.

“Kami mensyukuri, pembangunan pasar semi modern di Muktisari yang menghabiskan anggaran sebesar 15 miliar rupiah itu dapat dirampungkan PT. Tangga Batu Jaya Abadi, kontraktor asal Ciamis dengan tepat waktu atau selama 8 bulan sebagaimana kontrak kerjanya,” terang David, kepada HR, Selasa (27/12/2016) lalu.

Bangunan pasar berkonsep semi modern berlantai dua itu terdiri dari 366 los dan 260 kios. Untuk lantai bawah terbagi 276 los dan 160 kios, sedangkan lantai atas terbagi 90 los dan 100 kios.

“Pasar tersebut juga di dukung sarana prasana penunjang seperti beberapa WC, ruang kantor pengelola dan keamanan pasar. Juga akan dilengkapi lift atau tangga berjalan yang pembangunannya akan dikerjakan dalam tahap II atau di tahun 2017 mendatang,” ungkapnya.

Untuk pengerjaan tahun 2017 diantaranya juga penataan di sekililing luar pasar berupa pemberesan jalan dan drainase. Tak terkecuali penyediaan bak sampah besar. Tak ketinggalan pula melakukan penyempurnaan bangunan los yang akan dikelola Disperindagkop.

Inovasi pembangunan pasar semi modern yang dilakukan pihaknya itu merupakan bentuk dukungan penataan infrastruktur perekonomian di Kecamatan Langensari, sebagaimana wilayah yang potensial karena berbatasan dengan Kabupaten Cilacap-Jateng, serta Lakbok-Kabupaten Ciamis.

Di wilayah itu pun, tepatnya lokasi Dusun Kedungwaringin, RT.10, RW.06, dibangun gapura Selamat Datang Kota Banjar dengan biaya Rp.500 juta yang akan dikerjakan oleh CV. Wahyu Sejati.

“Untuk pembangunan perkantoran di wilayah Pamongkoran, Jalan Gerilya, Kecamatan Banjar, yaitu BCH, BLK dan BKPPD dengan total anggaran keseluruhannya 14 miliar, itu semua dibangun dalam satu area atau satu kesatuan guna peningkatan kinerja aparatur, termanfaatkan untuk pertemuan atau pelatihan-pelatihan serta untuk mess,” jelas David. (Nanks/Koran HR)