Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarProgram Pembangunan Desa TA 2017, Karyamukti Banjar Fokus Pada Bidang Fisik &...

Program Pembangunan Desa TA 2017, Karyamukti Banjar Fokus Pada Bidang Fisik & Non Fisik

Peresmian gedung Kantor Desa Karyamukti yang baru. Gedung tersebut dibangun pada tahun anggaran 2016, melalui bantuan keuangan desa. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada tahap realisasi anggaran tahun 2016, Pemerintah Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, telah menyelesaikan sejumlah pembangunan, baik bidang fisik maupun nonfisik.

“Alhamdulillah, semuanya selesai dan berjalan lancar. Jalan maupun bangunan kantor desa yang diperuntukkan bagi lembaga-lembaga yang ada di Desa Karyamukti, juga sudah digunakan,” kata Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (03/01/2017) lalu.

Sementara itu, pada proses seleksi perangkat desa yang telah selesai dan sudah dilantik pada Jum’at (30/12/2016) lalu, lanjut Ajat, pegawai baru yang mengisi jabatan Kaur Umum dan TU, Kasi Perencanaan, Kasi Kesejahteraan, serta Kepala Dusun, juga telah menjalankan fungsinya masing-masing.

Pihaknya berharap, dengan adanya gedung baru serta perangkat baru di desanya, semua kinerja perangkat dan lembaga bisa lebih baik dalam melayani masyarakat, maupun dalam proses pembangunan Desa Karyamukti kedepan.

Kemudian, pada tahap perencanaan program tahun 2017, Pemdes Karyamukti telah melaksanakan Rencana Pembangunan Desa (RPDes) yang sudah sampai tahap Musyawarah Desa (Musdes).

“Musyawarah Dusun atau Musdus juga sudah selesai. Untuk pelaksanaan RABDes sedang berjalan dan sudah mencapai 80 persen. Yang belum selesai adalah Musdes dan RKPDes, sebab kita akui masih keterbatasan SDM,” jelasnya.

Sedangkan, rencana umum program pembangunan Desa Karyamukti tahun 2017 masih fokus pada pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, serta peningkatan SDM masyarakat.

“Intinya, optimalisasi kantor desa kita rencanakan tahun 2017 bisa terealisasi. Selanjutnya, untuk pemdatan jalan, pembuatan jembatan, pelatihan serta pemberian barang kepada masyarakat, pembuatan penahan air/Dam dan pembangunan lainnya, juga kita fokuskan pada tahun ini,” pungkas Ajat. (Muhafid/Koran HR)