Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita CiamisRancang e-Planing & e-Budgeting, Pemkab Ciamis Terkendala SDM IT

Rancang e-Planing & e-Budgeting, Pemkab Ciamis Terkendala SDM IT

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna mencegah tindak pidana korupsi, Pemerintah Kabupaten Ciamis merancang sistem perencanaan dan budgeting berbasis elektronik. Namun sayangna sampai saat ini masih terkendala SDM, terutama dalam bidang informasi dan teknologi.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, H. Herdiat, kepada HR Online, saat ditemui di Ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis, Rabu (18/01/2017).

“Sistem yang sudah dibuat distandarkan, sementara di kita lebih banyak ke sistem manual. Tetapi ada beberapa SKPD yang sudah menggunakan elektronik,” terangnya.

Dia juga mengatakan, bahwa saat ini Pemkab Ciamis melakukan rapat dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait pemanfaatan teknologi dalam sistem perencanaan dan anggaran atau ePlaning dan eBudgeting.

Herdiat menilai, masih ada kendala dalam hal pemanfaatan elektronik dalam perencanaan dan penganggaran. Utamanya sumber daya manusia yang sesuai dengan basic pendidikan IT masih terbatas.

“Itu harus dibenahi, setidaknya para pegawai ini akan diikutkan dalam bintek dan diklat. Karena kedepan seluruh SKPD akan menggunakan ePlaning dan eBudgeting. Target di tahun 2018, semua sistem bisa terpenuhi,” tandasnya. (Tantan/R3/HR-Online)