Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita PangandaranTahun 2016, Realisasi Target Pariwisata Pangandaran Tidak Tercapai

Tahun 2016, Realisasi Target Pariwisata Pangandaran Tidak Tercapai

Lokasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran mengungkapkan realisasi target pencapaian dari sektor wisata pada tahun 2016 sebesar Rp. 10 miliar tidak tercapai. Dibanding dengan tahun sebelumnya, 2015,  yang menargetkan Rp. 6 miliar bisa terwujud.

“Kenaikan dari tahun 2015 ke tahun 2016 mencapai 40 persen. Realisasi tersebut berasal dari semua sektor wisata yang ada di Pangandaran,” ujar Mukhlis, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, kepada Koran HR saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/12/2016) lalu.

Tidak berhasilnya mencapai target Rp. 10 miliar pada tahun 2016, kata Mukhlis, disebabkan oleh faktor kenaikan tiket wisata Pangandaran yang baru diberlakukan sejak Bulan Oktober 2016 lalu. 

Selain itu, Mukhlis juga menyebutkan faktor bencana alam serta tragedi ambruknya jembatan penghubung ke Pangandaran juga sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan daerah.

“Meski saat ini jembatan sudah bisa dilalui, namun pengunjung belum begitu membludak seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun 2016 ini kita baru bisa mencapai 55 persen dari total Rp. 10 miliar,” katanya.

Mukhlis mengungkapkan, bahwa objek wisata Green Canyon biasanya memberikan PAD cukup besar bagi Pangandaran. Namun, karena bencana alam dan kondisi cuaca buruk, akhirnya pendapatan daerah pun anjlok.

“Jika tidak ada sederetan bencana alam, kami yakin target Rp. 10 miliar bisa tercapai. Mudah-mudahan target tahun 2017 bisa sesuai rencana,” pungkasnya. (Ntang/R6/Koran HR)