Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranTahun Baru Pangandaran, Objek Wisata Baru di Desa Selasari Dibuka

Tahun Baru Pangandaran, Objek Wisata Baru di Desa Selasari Dibuka

Do’a bersama dalam acara pembukaan objek wisata baru di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, pada malam pergantian tahun. Photo: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Perayaan tahun baru di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran tampak berbeda dengan lokasi wisata lain. Pasalnya, pada malam pergantian tahun baru di desa tersebut digelar pembukaan objek wisata baru, Gua Nyiruan.

Pada pembukan objek wisata baru tersebut, selain ratusan warga dari Dusun Cikawung dan Dusun Pepedan, hadir pula para tokoh masyarakat, pejabat desa maupun DPC HPI Pangandaran.

“Kita melakukan acara do’a bersama, membaca sholawat serta mengumandangkan adzan di setiap penjuru mata angin pada akhir ritual. Tidak lain kita mengharapkan agar objek wisata baru ini mendapatkan keberkahan dari sang pencipta,” kata Kepala Desa Selasari, Tasri, kepada HR Online, Minggu (01/01/2017).

Menurutnya, selain wisata gua yang masih sangat alami, wisata sungai dengan body rafting serta agrowisata juga disediakan di Desa Selasari.

Sedangkan untuk akses jalan menuju lokasi wisata tersebut, kata Tasri, sudah dikeraskan yang akan dilanjutkan proses pengaspalan maupun cor beton yang sudah menjadi prioritas Pemdes Selasari pada tahun 2017.

Dari pantauan HR Online, prosesi pembukaan objek wisata baru tersebut diresmikan dengan gunting pita di sebuah bukit yang diiringi nyanyian kidung. Setelah itu, penyalaan api unggun secara serentak di beberapa bukit, sebagian juga ada yang menyalakan kembang api. Usai cahaya api menerangi beberapa bukit, dilanjutkan Tarian Ronggeng Gunung untuk menghibur masyarakat. (Askar/R6/HR-Online)