Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarUnik, Pokdarwis Banjar Gelar Balap Dayung Gedebog Pisang

Unik, Pokdarwis Banjar Gelar Balap Dayung Gedebog Pisang

Lomba balap dayung gedebog (batang pohon pisang ) di saluran irigasi Kelurahan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (17/01/2017). Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Patroman Jaya, menggelar lomba balap dayung gedebog (batang pohon pisang) di saluran irigasi Kelurahan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (17/01/2017). Lomba ini digelar dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang kini sudah hampir punah.

Kegiatan inipun didukung oleh sejumlah pejabat Pemkot Banjar, diantaranya tampak hadir Sekda Kota Banjar Feni Fachrudin, Kepala Dinas Olaharga, Pemuda dan Parawisata (Disporapar) Kota Banjar Asep Setiadi, Kepala BPBD Kota Banjar Yayan Herdiaman, Kabid Disporapar Ian serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Para peserta tampak antusias mengikuti perlombaan tersebut. Menurut mereka lomba gedebog ini sangat unik. Karena biasanya lomba dayung menggunakan perahu, tetapi dalam lomba ini menggunakan gedebog pisang.

“Sengaja saya mengikuti lomba ini, karena cukup menarik dan unik. Selain itu, kami pun berharap menjadi juara dan mendapat hadiah,” ujar Anggi (16), peserta asal Langensari.

Sekda Kota Banjar, Feni Fachrudin didampingi Kadisporapar Kota Banjar, Asep Setiadi mengatakan, dirinya menyambut positif dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya, secara bertahap Banjar bisa mengembangkan potensi wisatanya.

“Saya bangga dengan ide yang digagas anak-anak Pokdarwis. Mereka anak muda yang mau mengembangkan destinasi wisata di Kota Banjar,”katanya.

Feni menambahkan, semoga kedepan event-event tradisional seperti ini dapat terus dikembangkan dan ditiru oleh komunitas atau kelompok-kelompok anak muda lainnya di Kota Banjar.“Kompetisi gedebog ini bisa menjadi agenda tahunan dalam meramaikan promosi wisata yang ada di Kota Banjar,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis, Muhammad Ubaedillah, mengatakan, untuk pengembangan destinasi wisata di Kota Banjar sebenarnya cukup banyak. Terlebih, kata dia, Banjar sudah dikenal dengan ragam wisata budayanya di tingkat provinsi bahkan nasional.

“Ini baru langkah awal kami dalam mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Kota Banjar. Kedepan kami pun akan menggelar kreasi lainnya dalam menggeliatkan potensi wisata di Kota Banjar,” ujarnya seraya menambahkan pihaknya pun berterimkasih atas dukungan semua pihak yang mensupport kegiatan tersebut. (Hermanto/R2/HR-Online)