Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita PangandaranAkibat Hujan & Angin Kencang, Petani Pangandaran Terancam Merugi

Akibat Hujan & Angin Kencang, Petani Pangandaran Terancam Merugi

Tanaman padi yang roboh akibat diguyur hujan disertai angin kencang di dusun Sambong, Desa Pasir Geulis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Kamis (02/02/2017). Photo: Entang sr.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Curah hujan tinggi dengan disertai angin kencang dalam beberapa pekan ini, telah membuat sejumlah tanaman padi milik petani di dusun Sambong, Desa Pasir Geulis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, roboh dan terancam merugi.

“Tanaman padi yang rebah langsung saya panen, kalau dibiarkan terendam air padi bisa busuk, malah jadi gagal panen,” kata Ato petani setempat kepada HR Online Kamis, (02/02/2017).

Hal serupa menimpa pesawahan milik Karwan petani lainnya. Menurutnya, tidak semua petani memanen lebih awal akibat tanaman padinya roboh. “Ada juga yang dibenahi dengan cara diikat tanaman padinya,” ungkap Karwan.

Meski begitu Karwan berharap cuaca ekstrem seperti sekarang bisa cepat berubah, agar areal pesawahan yang roboh tidak meluas. “Kalau terus seperti ini, petani terancam merugi. Sebab kami harus memanen lebih awal atau membiarkan rebah dengan resiko gagal panen total,” keluhnya. (Ntang sr/R1/HR-Online)