Begini Cara Orang Jepang Meredakan Stres

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Stres termasuk salah satu gangguan kesehatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Terlebih bila kamu sudah memasuki usia produktif, di mana harimu dipenuhi dengan deadline, tanggung jawab, dan rutinitas yang monoton.

Jika tidak diobati, stres ternyata bisa menggerogoti kesehatan tubuh secara perlahan, bukan hanya fisik, tapi juga mental. Bahkan, stres mampu memicu munculnya penyakit mematikan seperti kanker.

Supaya terhindar dari efek buruk stres, cobalah kamu meniru cara orang Jepang dalam meredakan stres, dan tips ini pun sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Jepang.

Sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com, menuliskan, bahwa pada masa Jepang kuno, ketika para ahli kesehatan menemukan orang yang menderita stres maka mereka langsung memegang telapak tangan orang tersebut.

Selanjutnya, mereka meminta pasien untuk duduk tegak, lalu mengambil napas dalam-dalam. Kemudian, dengan dua jari tangan si ahli kesehatan menekan ujung jari kelingking kiri si penderita stres selama 5 menit. Setelah itu bergantian menekan ujung jari kelingking kanan dengan dua jari tangan kiri.

“Melakukan tips ini sehari dua kali setiap pagi dan malam dengan jangka waktu selama 3 bulan bisa membantumu meredakan stres secara perlahan. Karena, tindakan ini akan mengaktifkan hormon pengurang stres dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke otak, sehingga bermanfaat untuk mengurangi stres,” tulis peneliti.

Nah, setelah mengetahui tips tersebut, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? (Eva/R3/HR-Online)

Aegis Boost Pro