Cara Mengetahui Gmail Di-Hack

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sekarang banyak sekali aplikasi pesan instan atau email yang menjadi pusat dari komunikasi di dunia. Mulai dari Yahoo Mail (Ymail), Google Mail (Gmail), Mailbox, Microsoft Outlook dan masih banyak lagi.

Yang paling familiar atau banyak digunakan sampai saat ini yaitu Yahoo Mail. Namun Google Mail / Gmail juga tidak kalah dengan Yahoo Mail sekarang ini. Bahkan, dengan berkurangnya peminat Ymail, Gmail menjadi salah satu pilihan banyak orang dan aplikasi yang paling penting untuk mengirim pesan atau surat elektronik.

Dengan banyaknya pengguna, membuat para hacker ‘gatal’ untuk mencoba membobol keamanan dari Gmail. Sehingga tak jarang aplikasi Gmail di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengetahui informasi bahwa Gmail dapat di-hack, Anda tidak usah khawatir. Pasalnya, Google sendiri sudah mempunyai solusinya yaitu dengan tools yang bisa digunakan guna menjaga akun Anda tetap aman dari serangan hack.

Seperti yang dilansir Tech2, Kamis (2/2/2017), untuk mengetahui apakah akun Anda menjadi target para hacker, caranya login terlebih dulu ke akun Gmail Anda dengan desktop browser. Setelah masuk Gmail, geser ke bawah sampai ada link “Details”.

Klik link “Details” tersebut sampai muncul pop up window. Laman tersebut untuk mengetahui dengan lengkap kapan terakhir kalinya akun Gmail Anda dibuka. Selain itu, untuk melihat apakah akun yang Anda buka terakhir tersebut menggunakan perangkat browser, smartphone/android atau linux dan lainnya.

Langkah terakhir yang Anda lakukan yaitu merubah sistem autentikasi. Atau Anda juga bisa menyimpan IP di PC atau laptop atau perangkat lainnya yang biasa Anda gunakan. Itu bertujuan untuk meyakinkan bahwa tidak ada hal-hal yang mencurigakan.  (Adi/R5/HR-Online)