Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisCurah Hujan Tinggi, Petani Ciamis Kesulitan Jemur Padi

Curah Hujan Tinggi, Petani Ciamis Kesulitan Jemur Padi

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat cuaca tidak menentu serta tingginya curah hujan, sejumlah petani di wilayah Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengaku kesulitan menjemur hasil panen.

Mayoritas petani merasa stres lantaran tidak bisa menjemur padi atau hasil panen. “Musim panen sekarang membuat kami merasa sangat cape dan stres. Karena tidak ada panas, kami jadi tidak bisa menjemur padi,” kata Sumarta, petani Kutawaringin, Kamis (02/02/2017).  

Sumarta menuturkan, cuaca tidak menentu seperti angin puting beliung yang terjadi belakangan ini juga menyebabkan tanaman padi yang ada di wilayah Kutawaringin roboh. Menurut dia, petani semakin cemas ketika mereka juga tidak bisa menjemur padi.  

“Kondisi seperti ini benar-benar tidak menguntungkan petani. Setelah diterjang angin, kini waktu panen kami juga kerepotan untuk mengeringkan padi,” tambahnya.

Dari pantauan HR Online, akibat cuaca buruk tersebut para petani mengalami penurunan hasil panen. Para petani juga khawatir penjualan hasil panen juga tidak membuahkan hasil yang manis. (Suherman/R4/HR-Online)