Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisKeturunan Kerajaan Galuh di Ciamis Deklarasikan “Galuh Sadulur”

Keturunan Kerajaan Galuh di Ciamis Deklarasikan “Galuh Sadulur”

Ratusan perwakilan kabuyutan, nonoman, keturunan kerajaan dan keadipatian galuh mendeklarasikan diri dalam sebuah wadah yang bernama “Galuh Sadulur”, Minggu (05/02/2017), di bilangan Museum Galuh Pakuan Ciamis. Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan perwakilan kabuyutan, nonoman, keturunan kerajaan dan keadipatian galuh mendeklarasikan diri dalam sebuah wadah yang bernama “Galuh Sadulur”, Minggu (05/02/2017), di bilangan Museum Galuh Pakuan Ciamis.

Ocih, Panitia Penyelenggara, ketika ditemui HR Online, Minggu (05/02/2017), menyebutkan, sebelum dideklarasikan, “Galuh Sadulur” terlebih dahulu dibahas melalui mekanisme sawala (musyawarah) yang diikuti oleh perwakilan kabuyutan, nonoman dan keturunan kegaluhan.

“Panitia menampung ide, gagasan serta saran, kemudian meminta persetujuan dari peserta sawala dan kasepuhan. Akhirnya Galuh Sadulur disepakati sebagai nama dari perkumpulan kabuyutan, nonoman serta keturunan kegaluhan,” katanya.

Setelah resmi dibentuk dan dideklarasikan, lanjut Ocih, Galuh Sadulur akan menggarap kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti menjaga juga melestarikan adat, budaya sunda dan kegaluhan.

“Disamping itu, Galuh Sadulur juga mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui program pertanian organik,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)