Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarRencana Pembangunan RS di Langensari, Dinas PU Banjar Pastikan TPU Muktisari Tidak...

Rencana Pembangunan RS di Langensari, Dinas PU Banjar Pastikan TPU Muktisari Tidak Tergusur

TPU Muktisari.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Terkait dengan rencana pembangunan rumah sakit di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, yang dikhawatirkan warga akan berimbas terhadap Tempat Pemakaman Umum (TPU), Kabid. Tata Ruang Dinas PU Kota Banjar, Maman Suryaman, menegaskan bahwa tempat tersebut tidak akan ikut tergusur.

“TPU Muktisari bukannya akan digusur, tapi akan mendapat penataan. Soal adanya isu itu, ya karena waktu pengerjaannya yang dimungkinkan bersamaan dimulainya pembangunan rumah sakit. Jadi warga tak perlu khawatir,” katanya, saat mengikuti forum OPD Musrenbang, di aula Bappeda Kota Banjar, Selasa (07/02/2017) lalu.

Menurut Maman, dalam penataan TPU itu sekaligus akan dibuat taman atau ruang terbuka hijau, agar nantinya lebih terlihat indah dan rapi. Artinya, makam akan ditata agar tidak terkesan menyeramkan bagi masyarakat.

Otomatis dengan ditatanya TPU tersebut maka akan mengalami sedikit perubahan, seperti Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di area makam letaknya akan bergeser. Karena, tujuan dari penataan TPU tiada lain agar kedepannya ada pengelolaan yang lebih baik, termasuk sebagai upaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan realisasi RTH di Kota Banjar.

“Teknis penataan TPU itu lebih jauhnya bagaimana, yang lebih tahu dinas terkaitnya, yaitu Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman,” jelas Maman. (Nanks/Koran HR)