Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BanjarTokoh Masyarakat Dukung Pasir Cabe Jadi Destinasi Wisata Banjar

Tokoh Masyarakat Dukung Pasir Cabe Jadi Destinasi Wisata Banjar

Salah satu lokasi Pasir Cabe yang menyuguhkan pemandangan alam wilayah Banjar dan Ciamis. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jiji (71), tokoh masyarakat Desa Karyamukti, mengatakan, lokasi Pasir Cabe memang sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata Kota Banjar. Meski dahulu dikenal tempat rekreasi warga, dan telah mengalami longsor pada tahun 1968 dan 1970, yakni bersamaan dengan kejadian longsor di wilayah Blok Curug Taneuh, Lingkungan Panatasan, Kelurahan Pataruman, namun keindahannya masih terjaga.

Dia pun mengungkapkan, Keramat Caringin letaknya berada di puncak Pasir Cabe dan di situ terdapat sebuah pohon besar yang merupakan salah satu patilasan Eyang Sayyid Hasan, salah satu tokoh bangsa halus waktu dulu. Karena dianggap mistis, akhirnya banyak yang datang untuk mencari keberkahan dengan cara bertapa atau semedi, sesuai petunjuk dari orang pintar.

“Itu dulu, kalau sekarang sudah jarang yang begitu. Mungkin orang sekarang sudah lebih realistis. Sebenarnya di Dusun Sukaharja cukup banyak lokasi keramat, seperi halnya Keramat Eyang Dalem Pati Kudus, Keramat Mbah Dalem Singaperbangsa dan Keramat Salak Putih. Jadi, kalau diolah menjadi lokasi wisata, saya kira sangat cocok dan yakin bisa menarik wisatawan,” terangnya.

Meski ia berharap Karyamukti bisa menjadi salah satu lokasi yang menawarkan wisata, tapi ia menyarankan agar nanti bila harapan tersebut terwujud, para pengunjung dianjurkan menjaga tata karma dan sopan santun saat di lokasi.

Menurut Jiji, minimalnya wisatawan mengajak warga setempat saat menaiki puncak Pasir Cabe. Sebab, ia tidak ingin ada hal-hal yang terjadi kepada para pengunjung karena di lokasi tersebut juga terdapat tempat keramat.

“Ya semua orang pun dianjurkan menjaga sopan santun, baik secara lisan maupun tindakan di berbagai tempat, salah satunya di tempat keramat. Mudah-mudahan, harapan Pasir Cabe menjadi lokasi wisata bisa tercapai,” kata Jiji. (Muhafid/Koran HR)