Warga Ciamis Ini Minta Jalan Desa Ditingkatkan Statusnya

Jalan penghubung antara Desa Nagarajaya dan Desa Nagarajati, Kecamatan Panawangan, kini kondisinya kian memprihatinkan dan sulit dilalui. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kerusakan jalan penghubung antara Desa Nagarajaya dengan Desa Nagarajati, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, kini semakin parah. Lama tak kunjung diperbaiki, warga pun meminta agar status jalan ditingkatkan menjadi jalan kabupaten.

Seperti diungkapkan Hendi, salah seorang warga Desa Nagarajati, kepada Koran HR, Minggu (19/02/2017) lalu. Dia menyebutkan, akses jalan penghubung antar desa dari mulai wilayah Desa Nagarajati hingga Desa Nagarajaya kondisinya semakin memprihatinkan.

Belum atau tidak adanya perbaikan disebabkan banyak program lain yang harus digarap oleh pemerintah desa. Selain itu, anggaran yang diterima pemerintah desa juga tidak cukup untuk membiayai perbaikan tersebut.

“Agar jalan bisa diperbaiki dan dirawat, maka statusnya harus ditingkatkan menjadi jalan kabupaten, sehingga pembangunanya bisa dianggarkan dari APBD Kabupaten. Jalan merupakan kepentingan umum, untuk itu harus diutamakan oleh pemerintah,” ujar Hendi.

Maman (42), warga lainnya, mengatakan, jika jalan desa statusnya ditingkatkan menjadi jalan kabupaten, otomatis biaya perawatan maupun peningkatan akan menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Adanya keinginan peningkatan status karena selama stausnya masih menjadi jalan desa, maka upaya perbaikan maupun perawatannya akan terus terkendala oleh masalah anggaran.

“Upaya peningkatan status jalan dalam prosesnya diharapkan tidak berlarut-larut. Sebab, kenyamanan warga dalam beraktivitas menjadi harga mati dan tidak bisa ditawar lagi. Memang urusan proses pengalihan status itu urusan pemerintah. Masyarakat tidak tahu- menahu, terpenting aktivitas berjalan lancar tanpa terkendala jalan yang rusak,” tandas Maman. (Dji/Koran HR)

Loading...