Begini Caranya Agar Isi Dompet Enggak Jebol Saat Liburan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Buat kamu yang hobi jalan-jalan tapi tetap ingin menghemat biaya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kamu tetap bisa liburan menyenangkan tanpa harus menguras kantong berlebihan. Tentunya dengan persiapan yang baik juga dapat meminimalisir pengeluaran yang besar.

Penasaran apa saja tipsnya? Yuk kita simak cara mensiasatinya!

Rencanakan liburan lebih awal

Pertama yang harus kamu rencanakan dari jauh hari adalah destinasi liburan. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa menyiapkan anggaran liburan lebih awal, sesuai dengan budget yang dimiliki, baik untuk biaya tiket perjalanan, hotel dan lokasi wisata yang akan dikunjungi.

Pikirkan barang bawaan

Kalau sudah yakin dengan liburan kamu, sebaiknya mulai memikirkan barang bawaan. Tak perlu membawa barang berlebihan, bawalah barang yang menurut kamu penting. Sehingga, kamu tidak perlu lagi membeli keperluan tersebut pada saat liburan.

Jika kamu liburan ke luar negeri atau menggunakan transportasi udara, sudah dapat dipastikan barang bawaan yang berlebihan juga membutuhkan biaya tambahan selama perjalanan.

Gunakan transportasi umum

Buat kamu seorang traveller, bepergian dengan transportasi umum tentu bukan hal yang baru. Selain memberikan pengalaman, menggunakan transportasi umum juga akan jauh lebih ekonomis guna meminimalisir pengeluaran. Kamu bisa menggunakan kereta api, bus pariwisata, atau kapal laut.

Penginapan/Hotel

Memilih tempat penginapan yang berdekatan dengan lokasi wisata tentu akan memakan biaya lebih besar. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu pilih penginapan di lokasi lain, namun masih berada di sekitar lokasi wisata.

Kunjungi travel fair

Bila mempersiapkan waktu liburan lebih awal, maka kamu memiliki banyak waktu untuk mengunjungi sejumlah travel fair. Lantaran, pada momen itu banyak diskon maupun harga menarik untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata maupun tiket penerbangan. Jadi tak ada salahnya kalau kamu membandingkan antara travel fair satu dengan lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum liburan, agar liburanmu tetap menyenangkan tanpa harus menguras biaya yang berlebihan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA